Komputer

Teknologi Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. Salah satu media penyampaian informasi tersebut adalah komputer. Dalam artikel ini, akan dibahas pengertian komputer, jenis komputer, bagian-bagian komputer, dan prinsip dasar kerja komputer.

1.Pengertian Komputer
Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung. Komputer mempunyai arti yang sangat luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Berikut ini definisi komputer yang didapat dari beberapa sumber.
Menurut Robert H.Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
• Menerima input
• Memproses input tadi sesuai dengan programmnya
• Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
• Menyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut Donald H.Sanders, komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Menurut V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
Menurut William M.Fouri dalam buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines, komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Dari beberapa definisi yang didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
• Alat elektronik
• Dapat menerima input data
• Dapat mengolah data
• Dapat memberikan informasi
• Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
• Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
• Bekerja secara otomatis

2. Jenis komputer
• Komputer analog
Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier).
• Komputer pulsa
Komputer mikro (Inggris: microcomputer) adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau 16-bit (dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframe, minicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.
• Mikrokomputer
Komputer mikro (Inggris: microcomputer) adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Jenis-jenisnya:
 Personal Computer
 Desktop Computer
 Laptop Computer
 Notebook Computer
 Palmtops Computer
• Minikomputer
Komputer mini (Inggris: minicomputer) adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server.
• Mainframe computer
Mainframe adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal. Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahaan atau untuk keperluan militer
• Superkomputer
Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

3. Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat lunak
• Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
• Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Perangkat keras
• Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
• Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
• Hard drive, media penyimpanan semi permanen
• Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
• Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
Slot pada komputer
• ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
• AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
• IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
• USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)

4. Prinsip dasar kerja computer
Tanpa memandang ukuran jenisnya, semua komputer melakukan empat operasi dasar yang sama yaitu : input, pemrosesan, penyimpanan, dan output. Kita juga menambahkan operasi dasar kelima yaitu, komunikasi.
• Operasi input : input adalah segala sesuatu yang dimasukkan ke sistem komputer. Input terdiri dari beragam data ( huruf angka, simbol, bentuk, warna, suhu, suara, tekanan, cahaya lampu, dan materi mentahan apapun yang butuh diproses). Ketika kamu mengetik beberapa kata atau angka pada keyboard, maka kata-kata tersebut dinamakan data input.
• Operasi pemrosesan : pemrosesan adalah manipulasi yang dilakukan oleh komputer untuk mengubah data menjadi informasi. Saat komputer menambahkan 2 +2 untuk menghasilkan angka 4, maka pekerjaan inilah yang disebut pemrosesan. Pemrosesan dilakukan oleh pemroses pusat (CPU- Central Processing Unit), yaitu sebuah alat yang berisi sirkuit elektronik yang bertugas mengeksekusi instruksi-instruksi dalam memproses data.
• Operasi penyimpanan : terdapat 2 macam tempat penyimpanan (storage), yaitu penyimpanan temporer dan permanen. Kadang disebut juga penyimpanan primer dan sekunder.. penyimpanan primer atau memori adalah sirkuit komputer internal yang menyimpan data untuk sementara waktu ketika hendak diproses. Penyimpanan sekunder atau cukup disingkat storage, terkait dengan alat media yang berguna untuk menyimpan data atau informasi secara permanen. Floppy disk (disket) atau hardisk adalah contoh storage jenis ini. (storage juga menyimpan perangkat lunak atau program komputer).
• Operasi Output : output adalah hasil apapun yang “keluar” dari sistem komputer, yaitu hasil pemrosesan yang berupa informasi. Contoh output adalah jumlah gambar yang ditampilkan dilayar, kata-kata yang tercetak di kertas, juga musik yang diperdengarkan melalui beebrapa speker..
• Operasi komunikasi : Zaman sekarang, kebanyakan komputer (meski tidak semuanya) telah memiliki kemampuan komunikasi sebagai perluasan fungsi. Dengan koneksi kabel atau nirkabel, data input bisa berasal dari tempat jauh, diproses dengan kendali ditempat lain, disimpan di beberapa lokasi yang berbeda, dan hasilnya pun bisa dilihat ditempat lain. Tetapi, kamu tidak memerlukan fungsi komunikasi ini jika hanya menulis surat, mengerjakan kalkulasi, atau tugas-tugas “standar” komputer lain.


sumber:
http://misstriad.wordpress.com/2006/10/05/definisi-komputer/
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
http://jazilun.niam.students-blog.undip.ac.id/2009/06/10/cara-komputer-bekerja-tiga-konsep-penting/

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Komputer"

Posting Komentar